Minggu, 29 Maret 2015

Potensi Pulau Seliu

Posted By: Pulau Seliu - 06.21

Share

& Comment

Desa Pulau Seliu adalah salah satu contoh potret pulau kecil di Indonesia, dengan luas daratan  sekitar 1.645 hektare (Ha) terletak 75 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan. Desa Pulau Seliu memiliki 353 Kepala Keluarga (KK) dengan 1.136 jiwa yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan, yaitu sekitar 70% dari total penduduk yang bekerja, sedangkan yang lainnya berprofesi sebagai pegawai negeri, buruh, pedagang, dan petani (BPS Kabupaten Belitung, 2013). Sebagai pulau kecil yang masih terjaga ekosistem alaminya, Desa Pulau Seliu memiliki beberapa potensi antara lain:
a. Potensi Geo-wisata, salah satunya pantai Marangbulo yang dapat dijadikan sebagai alternatif destinasi wisata Pulau Belitung bagian selatan.




b. Hasil laut yang melimpah, seperti ikan dan kepiting. Melimpahnya hasil laut ini dapat mendukung kesejahteraan masyarakat Pulau Seliu, yang sebanyak 249 orang penduduknya berprofesi sebagai nelayan (BPS Kabupaten Belitung, 2013).

c. Desa yang dulunya merupakan penghasil kopra terbesar di Asia Tenggara ini juga mempunyai ketersediaan lahan yang sangat cukup. Pemanfaatan lahan ini dapat dijadikan sebagai lahan perkebunan masyarakat, sehingga masyarakat mendapatkan mata pencaharian sampingan ketika hasil laut kurang maksimal. Selain itu, kecamatan Membalong memiliki curah hujan yang relatif tinggi. Keseluruhan hal tersebut sangat mendukung masyarakat untuk mengembangkan sektor perkebunan. Saat ini potensi perkebunan yang dominan berupa tanaman melinjo, mangga, dan kelapa.
d.  Kearifan lokal dan kekayaan aset budaya fisik/non fisik juga dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam pengembangan Desa Pulau Seliu sebagai destinasi wisata alternatif Pulau Belitung. Hal ini selaras dengan rencana jangka panjang Pemerintah Daerah yang akan menjadikan Belitung bagian selatan sebagai destinasi wisata unggulan baru.

Itulah potensi Pulau Seliu yang harus dioptimalkan utuk menunjang kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau kecil ini. Masih banyak potensi-potensi yang belum tergali dari pulau kecil di dekat tanah Laskar Pelangi ini. So, bagi kamu yang merasa penjelajah dan pecinta alam sejati wajib banget hukumnya untuk mengunjungi pulau kecil yang satu ini :)

About Pulau Seliu

Sebuah portal yang mengenalkan salah satu khasanah Kekayaan Wisata Indonesia yang berada di pulau belitung, Pulau Seliu adalah sebuah pulau kecil yang berada di Selatan Belitung dengan segala keindahan alam dan kearifan lokalnya

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Seliu Island™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.