Minggu, 28 Juni 2015

Mengenal Seliu

Posted By: Pulau Seliu - 10.48

Share

& Comment


            Seliu. Mendengar kata “Seliu” apa yang terlintas di benak anda? Mungkin anda membayangakan sebuah nama makanan atau nama suatu benda, ya benar sekali Seliu adalah sebuah pulau kecil yang termasuk ke dalam provinsi Bangka Belitung. Jika anda pernah melihat peta pulau Bangka Belitung, di sebelah kiri bawah Pulau Belitung terdapat pulau kecil, tepatnya lokasinya pada koordinat 107°32’1,79” Bujur Timur dan 3°13’24,07” Lintang Selatan, pulau tersebutlah dinamai dengan Pulau Seliu.
            Kenapa saya menceritakan Pulau Seliu di postingan ini? Di tahun 2015 ini untuk pertama kalinya Desa Pulau Seliu menjadi salah satu lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM UGM. Kenapa ini bisa terjadi? Tentu saja karena ada beberapa anak muda yang mengusulkan untuk mengadakan KKN di Lokasi tersebut. Anak muda tersebut yakni Vempi, Via, Choiri, Amira, Zahid, Ria E, Yurika, Faris, Agung, Lukman, Dida, Rima, Athia, Nurul, Rifki, Voila, Galuh, Imad, Risyad, Mia, Deddy, Hani, Luluk, Sekar,Neisya, Ria P, Okta, Didin, Fitra dan saya sendiri Made Sapta yang tergolong dalam tim KKN BBL 11.
            Pulau Seliu bisa dikatakan belum begitu terkenal, ada beberapa permasalahan yang ada di Pulau Seliu ini yang membuat kami tim KKN BBL 11 berminat melakukan pengabdian di Pulau Seliu. Setelah melakukan survei dan bertanya-tanya dengan kepala Desa Pulau Seliu. Permasalahan yang terdapat disana adalah masalah air. Karena merupakan daerah kepualauan kecil yang berada di tengah laut, tentu saja setiap menggali sumber air dibawah tanah air yang ada akan sangat mudah terkontaminasi oleh air laut. Perlu inovasi-inovasi terbaru untuk bisa mendapatkan air dengan kualitas yang baik. Permasalahan kedua yakni wisata. Pulau Seliu memiliki potensi wisata yang menjajikan, terutama wilayah pantainya, tak kalah dengan pantai di Bali. Permasalahannya siapa saja yang mengenal Pulau Seliu sebagai destinasi wisata? Perlu sebuah ide promo yang cemerlang untuk membantu mempromosikan wisata di Desa Pulau Seliu.  Permasalahan berikutnya adalah listrik. Dari informasi kepala Desa Pulau Seliu, listrik yang ada di Desa Pulau Seliu hanya ada pada malam hari sampe jam 6 pagi, setelah itu sampai sore tidak ada listrik sama sekali. Itupun listrik dimalam hari masih menggunakan tenaga Diesel. Bayangkan Indonesia sudah merdeka lebih dari 60 tahun namun masih ada wilayah di Indonesia yang belum mendapatkan listrik secara merata. Disinilah peran anak muda, khususnya mahasiswa untuk ikut serta turun tangan membantu dalam memajukan Indonesia. Bukan sekedar hanya membuat papper ilmiah dan presentasi di ajang forum ilmiah. Tapi terjun langsung kelapangan dan berbaur dengan masyarakat. Melihat apa permasalahan dilapangan, bagaimana kendalanya, dan apa solusi yang bisa  diberikan. Apakah kami akan menyelesaikan masalah? Dengan waktu KKN hanya 2 bulan, tentu saja kami tidak bisa menjanjikan akan menyelesaikan semua masalah. Tapi semuanya harus dicoba terlebih dahulu dan diusahakan semaksimal mungkin.
            Profesi utama warga Desa Pulau Seliu adalah nelayan. Malam hari pergi melaut, pagi pulang kerumah. Bagaimana penghasilan nelayan disana? Bagaimana cara nelayan menangkan ikan? Teknologi apa yang diguanakan? Entahlah, saya juga kurang terlalu tahu, besok ada waktu 2 bulan untuk mempelajari semua itu dan berusaha memberikan inovasi-inovasi dengan menerapkan ilmu yang sudah di dapatkan selama kuliah. Besok, 29 Juni 2015 adalah hari dengan perjalanan yang cukup panjang. Dari Yogyakarta menuju Jakarta, kemudian dari Jakarta langsung terbang menuju Belitung kemudian menyebrang lagi dengan kapal menuju Desa Pulau Seliu. Sebagai mahasiswa UGM yang letaknya di pusat Kota, tinggal 2 bulan di suatu Pulau kecil dan tidak ada listrik di siang hari, tentu akan menjadi suatu tantangan tersendiri. Lalu bagaimana perasaan warga Seliu yang tiba-tiba didatangi mahasiswa dari pulau yang jauh dari Pulau Seliu? Apakah program yang kami usung akan berhasil terlaksana? Semuanya akan terjawab melalui tulisan-tulisan pada blog www.seliuindonesia.blogspot.com. Tentunya kami semua berharap semuanya dapat berjalan dengan lancar dan mampu memberikan kontribusi bagi Indonesia khusunya warga Desa Pulau Seliu.



1 hari menjelang keberangkatan – oleh Made Sapta

About Pulau Seliu

Sebuah portal yang mengenalkan salah satu khasanah Kekayaan Wisata Indonesia yang berada di pulau belitung, Pulau Seliu adalah sebuah pulau kecil yang berada di Selatan Belitung dengan segala keindahan alam dan kearifan lokalnya

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Seliu Island™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.