Minggu, 05 Juli 2015

Pantai Kuta Berbatu, Marang Bulo

Posted By: Pulau Seliu - 23.33

Share

& Comment


Pernah mendengar pantai Marang Bulo? Jika belum, pastinya anda belum pernah ke Bangka Belitung tepatnya ke Pulau Seliu. Pantai Marang Bulo terletak di bagian selatan Pulau Seliu, jaraknya kurang lebih 7 km dari pusat Desa Seliu. Untuk kesana, anda bisa menempuhnya dengan mobil pribadi jika anda bersedia menyebrangkan mobil anda ke Pulau Seliu. Namun jangan khawatir jika tidak bisa membawa mobil, cukup membawa diri saja ke Pulau Seliu dan sampaikan kepada warga Desa bahwa anda ingin pergi ke pantai Marang Bulo, warga pun  dengan senang hati meminjamkan motor yang ada di Desa, bisa gratis atau cukup membelikan bensin sebagai gantinya.
Ciri khas pantai Marang Bulo yakni adanya batu granit dengan ukuran besar di daerah tepi pantainya. Dari mana datangnya batu tersebut? Entahlah, warga desa juga banyak yang kurang tahu dari mana asal batu-batu besar tersebut karena sudah ada sejak dahulu kala. Mungkin perlu ahli geologi untuk menjelaskan dari mana asal batu-batu tersebut. Keindahan lainnya yakni pasir di pantai yang masih sangat putih dan perairannya yang begitu tenang membuat kegiatan berenang menjadi sangat menyenangkan dan aman. Lalu yang terpenting adalah lokasi pantainya yang masih sangat alami. Jika di Kuta banyak terdapat Mall di pinggir pantainya, percayalah di Pantai Marang Bulo anda tidak akan menemukan Mall, yang ada hanyalah tanaman hijau yang membentang luas dan kicau burung menemani para nelayan mencari ikan. Sepanjang perjalanan menuju Marang Bulo juga masih sangat alami, jalanannya cukup lebar untuk dilewati oleh sebuah mobil, namun jalanannya saat ini masih belum berupa aspal tetapi berupa tanah. Mungkin beberapa lama lagi akan di aspal.
Sangat disayangkan, pantai seindah Marang Bulo ini masih belum terpublikasi secara maksimal. Jika ditanya pantai Kuta, tentu saja semua orang pasti sudah dominan tahu dimana, namun tidak berlaku bagi Marang Bulo. Perlu publikasi  yang lebih giat lagi untuk membuatnya lebih dikenal, salah satunya dengan menuliskannya seperti tulisan yang sedang anda baca saat ini dan anda yang membaca juga mau menceritakan apa yang anda baca, minimal kepada 1 orang yang berada di dekat anda saat ini atau dengan orang yang anda ajak chatting 5 menit yang lalu, jika anda peduli tolong sampaikan sekarang juga.
Warga Desa Pulau Seliu sebenarnya sudah cukup sering mempublikasikan pantai marang bulo, namun karena pekerjaan sehari-hari  warga sebagai nelayan dan kurangnya fasilitas serta pengetahuan warga tentang internet, membuat warga menjadi sulit untuk terus mempublikasikannya, jadi bisa dimaklumi jika publikasinya masih kurang. Menurut beberapa warga, ketika sudah memasuki waktu liburan, cukup beberapa wisatawan domestic datang ke Pulau  Seliu untuk melihat Pantai Marang Bulo. Bahkan tak jarang wisatawan mancanegara pun datang ke Pulau Seliu. Ada permasalahan yang muncul ketika ada wisatawan manca Negara datang ke Seliu, warga desa masih belum lancar dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris, tentu saja atas inisiatif sendiri dan permohonan perangkat Desa, tim KKN BBL-11 akan menyisipkan pengajaran bahasa Inggris ke dalam program KKN terutama bagi para pemuda di Desa Pulau Seliu. Namun sayangnya pelajar di Pulau Seliu  kebanyakan siswa SMP dan SD, sedangkan SMA dan mahasiswa ada di pulau seberang dan ternyata di Pulau Seliu saat ini belum terdapat SMA.
Kembali lagi ke Pantai Marang Bulo, seindah-indahnya pantai Marang Bulo, jika tidak dirawat dengan baik bisa saja keindahan itu akan sirna. Siapakah yang harus merawat? Warga desa Pulau Seliu, wisatawan yang datang dan tentu saja anda juga bisa. Sebarkan tulisan ini dan sampaikan ada surga indah di Pantai Marang Bulo, Pulau Seliu, Bangka Belitung.



Beberapa saat setelah renang pertama kali di Pantai Marang Bulo -  oleh Made Sapta



About Pulau Seliu

Sebuah portal yang mengenalkan salah satu khasanah Kekayaan Wisata Indonesia yang berada di pulau belitung, Pulau Seliu adalah sebuah pulau kecil yang berada di Selatan Belitung dengan segala keindahan alam dan kearifan lokalnya

6 komentar:

  1. Halo.. saya bryan.. bisa minta kontak line atau wa?

    BalasHapus
  2. Halo.. saya bryan.. bisa minta kontak line atau wa?

    BalasHapus
  3. Hubungi saya di bryanbmntro di line...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kontak kmi di email kknseliu2015@gmail.com

      Hapus
  4. Hubungi saya di bryanbmntro di line...

    BalasHapus

Copyright © 2013 Seliu Island™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.