Rabu, 22 Juli 2015

Yuk Kenali Mangrove Seliu Dari Hari Ini

Posted By: Pulau Seliu - 07.15

Share

& Comment



  1. Sonneratiaceae          : Sonneratia alba, Sonneratia caseolaris.
Tumbuhan ini juga merupakan pionir yang dapat tumbuh pada garis pantai terdepan dimana pengaruh pasang surut air laut sangat terasa. Bentuk perakarannya seperti tongkat yang muncul dari dalam tanah. Jenis ini dapat membentuk tegakan yang padat. Warna bunga Sonneratia alba dan Sonneratia ovata adalah putih sedangkan Sonneratia caseolaris putih. Bentuk buah bulat seperti apel dan memiliki kelopak buah yang lebih lebar dari buahnya. Bunga mekar pada malam hari. Oleh masyarakat lokal tumbuhan ini dikenal dengan nama Perapat atau Pidada.
(Sonneratia alba  ) 
 
  (Sonneratia caseolaris )
                
2.      Rhizophoraceae :   Bruguiera cylindrica, Bruguiera gymnorrhiza, Bruguiera parviflora, Ceriops decandra, Ceriops tagal, Rhizophora apiculata, Rhizopora mucronata, Rhizopora stylosa.
Jika dibandingkan dengan spesies lain, jenis dari keluarga ini lebih dominan keberadaanya dan mudah ditemui. Hal ini dikarenakan jenis ini mudah tumbuh dan dikembangbiakan. Spesies dari keluarga ini dikenal dengan nama Bako/bakau, Bako minyak, Bako kurap, Tengar dan lain-lain. Cara paling mudah untuk mengenalinya adalah bentuk akar tunjang (Rizophora spp) dan akar lutut (Bruguiera spp) serta bentuk buah yang unik, panjang seperti tongkat. Spesies ini merupakan jenis yang dominan pada hutan mangrove yang dapat membentuk suatu komunitas dan jumlah yang banyak (kelompok) dan toleran terhadap sinar matahari langsung. Pertumbuhan optimal terjadi pada areal yang tergenang dalam, serta pada tanah yang kaya akan humus, di Pulau Seliu banyak ditemukan Rhizophora apiculate serta Rhizopora mucronata.

Susunan bunga Rhizopora mucronata 

 Susunan bunga Rhizophora apiculate

Kenampakan Rhizopora mucronata

Berdasarkan definisi dari asosiasi mangrove, komponen jenis tumbuhan ini bukanlah merupakan faktor utama dalam ekosistem mangrove, akan tetapi dapat mendukung keberadaan keanekaragaman jenis dalam suatu ekosistem mangrove. Secara umum komponen ini juga dikenal dengan tumbuhan pantai karena sering pula dijumpai tumbuh pada daerah pantai sampai hutan dataran rendah. Beberapa jenis spesies dari komponen ini antara lain; Barringtonia asiatica (Bogem), Calophylum inophyllum (Nyamplung), Calotropis gigantea (Medori), Cerbera manghas (Bintaro), Clerodenron inerme (Dadap laut), Finlaysonia maritima (basang siap), Hibiscus tiliaceus (waru laut), Morinda citrifolia (Mengkudu), Terminalia catappa (Ketapang), Thespesia populnea (Waru laut) dan lain-lain. Dan sementara baru jenis tersebut yang baru dapat dikenali.


About Pulau Seliu

Sebuah portal yang mengenalkan salah satu khasanah Kekayaan Wisata Indonesia yang berada di pulau belitung, Pulau Seliu adalah sebuah pulau kecil yang berada di Selatan Belitung dengan segala keindahan alam dan kearifan lokalnya

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Seliu Island™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.