Selasa, 15 September 2015

Seliu? Dangdut!!!!

Posted By: Pulau Seliu - 02.20

Share

& Comment



Ada hal menarik yang saya temukan ketika saya melaksanakan KKN selama 2 bulan di Desa Pulau Seliu. Pertama dari kebudayaannya yang sangat variatif, potensi alam yang sangat kaya, dan potensi wisata tentu tidak boleh lupa untuk disebutkan. Tetapi dari segala macam alasan diatas, ada satu alasan yang membuat saya akan tetap teringat dengan Desa Pulau Seliu, ya apalagi kalau bukan kayak judul diatas, DANGDUT!!!
Kenapa saya bisa bilang seperti itu? Karena baru di Desa Pulau Seliu saya merasakan hampir tiap malam dangdutan diatas pentas, bahkan tidak hanya diatas pentas, di warung-warung, di dermaga, di setiap rumah warga, rata-rata dari mereka menyukai musik dangdut, sampai-sampai pada saat peringatan 17 Agustus, ada lomba karaoke, dan semua peserta nya menyayikan lagu dangdut.
Dangdutan.... bohong banget kalau sambal dangdutan tidak diiringin dengan joget. Ya, itulah hobi saya selama menetap 2 bulan di Desa Pulau Seliu. JOGET! Semua warga menyukai joget.
Di Desa Pulau seliu ternyata selera musiknya lumayan up to date kalau urusan dangdut, contohnya saja mereka dengerin lagu dangdut seperti “goyang dumang”, “sakitnya tuh disini”, dan lagu-lagu dangdut lainnya yang saya lupa namanya. Kalau bisa dibilang, selera dangdut warga Desa Pulau Seliu dengan selera dangdut saya mungkin agak sedikit berbeda. Karena bisa dilihat dari contoh lagu yang mereka perdengarkan diatas, ya tempo nya terlalu cepat untuk saya, sedangkan saya lebih menyukai lagu dangdut yang tempo nya lebih santai seperti lagu-lagu almarhum Meggy Z. Karena lagu-lagu beliau lah saya baru dapat bisa menikmati apa yang dinamakan musik dangdut, bisa dibilang menciptakan suasana santai dipinggir pantai, asik.
Lanjut, ternyata ada juga 1 lagu yang baru saya dengar di Desa Pulau Seliu dan itu sangat hitz, lagu perawan Kalimantan. Pertama saya denger lagu itu, agak kaget juga, kenapa? Karena judul lagunya perawan Kalimantan, trus nyanyiannya ada Bahasa Jawa nya, mulai bingung? Saya juga bingung.
Ngomong-ngomong lagu perawan Kalimantan, lagu itu sudah membuat saya dan teman saya Rifki menjadi juara 3 lomba joget di Desa Pulau Seliu. Yah walaupun cuma juara 3, tapi setidaknyaa bisa bawa nama UGM sampai ke Pulau Belitung.
Lalu hal terakhir yang paling gokil. Kepala Desa ternyata juga menyukai dangdut, Dari kepala Desa sampai ke Bang RT nya, ya semuanya kita panggil bang di Desa Pulau Seliu agar makin akrab, semuanya menyukai dangdut. Ada cerita, jadi waktu itu jam 8 malam lomba joget dimulai, dan sampai akhirnya selesai pada jam 11 malam. Pada awalnya saya pengen langsung pulang ke pondokan, tapi seketika dipanggil lagi oleh Bang Kades dan Bang Anton, Pak RT 08 di Desa Pulau Seliu, karena mereka tahu saya suka joget. Jogetlah kita sambil asik-asikan bareng, tanpa ada mengobrol sedikit pun, hanya menikmati suasana. Dan tidak terasa jam sudah menunjukkan jam 2 pagi. Ya itulah efek samping dangdutan, suka bikin lupa waktu.
Akhir kata, ternyata dangdutan dan joget itu punya hal positif juga, selain olahraga malam, joget juga semakin mendekatkan saya dengan Bang Kades dan para perangkat desa lainnya, tak lupa juga mendekatkan saya kepada seluruh warga Desa Pulau Seliu, yang pada saat memanggil saya pasti mereka selalu menggoyangkan badan seakan menirukan gerakan saya berjoget. Lucu juga mereka, tapi apapun itu, kenangan-kenangan ini tak akan pernah bisa dilupakan sampai di hari tua sekalipun. Saya akan selalu mengingat bahwa saya dulu pernah menghabiskan waktu selama 2 bulan di tempat yang sangat luar biasa dan tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, yaitu Desa Pulau Seliu
Terima Kasih Seliu, sudah memberikan saya kesempatan untuk meng-ekspresikan diri saya tanpa perlu malu-malu. God Bless U Seliu!


Oleh: M. Risyad Isman Putra

About Pulau Seliu

Sebuah portal yang mengenalkan salah satu khasanah Kekayaan Wisata Indonesia yang berada di pulau belitung, Pulau Seliu adalah sebuah pulau kecil yang berada di Selatan Belitung dengan segala keindahan alam dan kearifan lokalnya

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Seliu Island™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.