Selasa, 15 September 2015

Untuk Karang Taruna

Posted By: Pulau Seliu - 02.36

Share

& Comment


Yang muda yang berkarya, mungkin itulah ungkapan yang cocok diberikan kepada Karang Taruna Desa Pulau Seliu. Selama menjalani Kuliah Kerja Nyata di Desa Pulau Seliu selama dua bulan, pemuda desa memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung berjalannya setiap program yang sudah direncanakan.
Awalnya memang terasa agak sulit berbaur bersama pemuda desa, namun perlahan tapi pasti akhirnya kami tim KKN sangat menyatu dengan karang taruna. Banyak kegiatan yang kami lakukan bersama karang taruna. Diketuai oleh Isbandi, karang taruna yang awalnya struktur kepengurusannya masih belum teratur, kami susun kembali dan ditambah dengan melakukan rekrutmen anggota baru dari siswa SMP. Salah satu peran pemuda yang paling penting yakni mengenalkan Pulau Seliu itu sendiri, mulai dari kebudayaannya, mengenalkan orang-orang yang ada di Desa, sampai mengantarkan ke tempat-tempat wisata yang ada di Desa Pulau Seliu. Tentu akan lebih mudah menjalankan program jika di bantu oleh warga lokal. Beberapa kegiatan yang dilakukan bersama pemuda misalnya membuat cindera mata dari kerang dan pasir yang ditemukan sangat banyak di pantai. Kegiatan lainnya yakni pelatihan website dan pembuatan blog. Walau listrik tidak tersedia 24 jam, namun pelatihan masih bisa dilakukan. Semuanya karena ada semangat dan antusiasme yang tinggi untuk ingin belajar yang ditunjukkan oleh Karang Taruna Desa Pulau Seliu. Program lainnya yang juga banyak di bantu oleh karang taruna yakni pengadaan papan informasi pariwisata. Mulai dari mencari kayu kehutan, membersihkan kayu, mengecat dan pada akhirnya memasang papan wisata dibantu oleh karang taruna. Semuanya menjadi lebih mudah. Dan masih banyak program-program lainnya yang dibantu oleh warga desa dan karang taruna.
Selain mahasiswa yang berbagi ilmu dengan karang taruna, disisi lain kami mahasiswa juga belajar banyak dari karang taruna. Mulai dari belajar bermain voli, memanjat kelapa, sampai belajar menggunakan bahasa khas Seliu. Dikala mulai jenuh menjalankan program KKN, hal yang paling seru dilakukan adalah jalan-jalan bersama karang taruna. Mulai dari keliling pulau untuk menyisir pantai, atau pergi ke kota untuk membeli perlengkapan KKN sambil melihat suasana Kota Belitung. Selama di Seliu transportasi tidak terlalu sulit dicari, pemuda desa dengan sangat baik hati meminjamkan motornya jika harus berpergian menggunakan motor. Atau jika harus membawa banyak barang kemana-mana, motor dengan gerobak kayu adalah pilihan terbaik untuk dipakai. Jalanan aspal yang tetrutupi pasir putih, dan jalan yang masih sangat lenggang tanpa ada lampu lalu lintas, membuat berpergian disepanjang jalan desa terasa sangat damai. Angin laut serta lingkungan yang masih hijau semakin membuat betah tinggal di desa.
Saat malam tiba, tak jarang kami diajak memancing cumi bersama pemuda desa. Lalu membakar ikan di tepi pantai ditemani deburan ombak yang jauh dari hiluk pikuk perkotaan merupakan momen-momen yang rasanya sangat mahal dan akan sulit dilupakan. Semua nikmat indahnya tinggal di suatu pulau yang hanya terdiri dari dua dusun bisa kami nikmati, salah satunya berkat adanya karang taruna Desa Pulau Seliu yang dengan baik hati mau mengajarkan kami bagaimana menjadi orang pulau. Terimakasih Karang Taruna Desa Pulau Seliu. Terimakasih Isbandi, Belli, Nopri, Andi Maulana, Migra, Ella, Sella, Letti, Arman, Sandi, Janual, Mulyadi, Feri, Amri, Andre, Andi Law, Agustini, Syarifudin, Safarudin, Totok, Ridwan dan masih banyak karang taruna serta pemuda lainnya, yang mohon maaf tidak bisa saya sebutkan semuanya. Sekali lagi terimakasih atas pelajaran kehidupan yang sudah diberikan.


Oleh Made Sapta

About Pulau Seliu

Sebuah portal yang mengenalkan salah satu khasanah Kekayaan Wisata Indonesia yang berada di pulau belitung, Pulau Seliu adalah sebuah pulau kecil yang berada di Selatan Belitung dengan segala keindahan alam dan kearifan lokalnya

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Seliu Island™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.